Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara




Pergaulan di media sosial memang tidak semudah memoles identitas asli kita di dunia nyata. Buktinya, temuan dari JAMA Pediatric menunjukkan bahwa akibat media sosial, 580.000 anak muda melakukan percobaan bunuh diri di tahun 2007 dan jumlah ini meningkat 8 tahun kemudian dengan jumlah hingga 1,12 juta kasus. Oleh karena itu, tim Dewaweb ingin membantumu yang sedang mencari cara menjauhkan diri dari media sosial, terutama Instagram. Artikel ini akan memberitahumu bagaimana cara menghapus akun Instagram, baik untuk sementara atau permanen.
Sebelum mulai mempelajari cara menghapus akun Instagram, sebaiknya kamu pastikan beberapa hal terlebih dulu, seperti password akun Instagram yang akan dihapus, jangan sampai kamu lupa dengan password akunmu sendiri, karena Instagram tidak dapat menghapus akun yang dianggap bukan milikmu. Selain itu, jika kamu membutuhkan foto-foto yang pernah kamu unggah, lakukanlah backup foto pada akunmu terlebih dulu. Terakhir, pastikan pula kamu sudah yakin dengan keputusan dan alasanmu untuk menghapus akun Instagram, sebab ada 2 cara yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan akun Instagram milikmu, yaitu:

Menghapus Akun Sementara

Selain jenuh dengan media sosial, kamu juga bisa menggunakan trik ini ketika ingin fokus belajar menghadapi ujian, perlombaan, atau pertandingan tertentu. Menghapus akun sementara atau disebut menonaktifkan akun secara temporer tidak serta-merta menghapus konten atau komentar yang telah kamu unggah, termasuk “like” pada foto yang pernah kamu berikan. Jika kamu memilih untuk menonaktifkan akunmu untuk sementara, berikut ini adalah caranya:
  1. Melalui browser-mu, klik link ini Deactivate Instagram Account.
  2. Biasanya pada halaman ini Instagram akan memintamu untuk melakukan login terlebih dulu.
  3. Setelah berhasil masuk ke halaman untuk menonaktifkan akun, kamu akan mendapat pesan pendek sekaligus peringatan tentang apa saja yang akan dimatikan dari akunmu.
  4. Pilih alasanmu menonaktifkan akun pada pilihan “Why are you disabling your account?” yang terdiri dari 10 pilihan berbeda, seperti mengkhawatirkan keamanan data hingga alasan untuk melakukan istirahat untuk sementara.
  5. Jika sudah beres dengan menentukan alasan penonaktifan akun, ketik ulang password-mu dan klik “Temporarily Disabled Account.”
  6. Kamu akan segera dikembalikan ke halaman login Instagram dan tunggulah beberapa jam hingga Instagram berhasil menonaktifkan akunmu.

Menghapus Akun Permanen

Lakukan pilihan ini jika kamu benar-benar yakin dengan keputusanmu untuk menjauh dari media sosial Instagram. Pasalnya, jika kamu menghapus akunmu secara permanen, seluruh datamu akan terhapus, seperti foto, video, pengikut, akun yang kamu ikuti, bahkan semua akun yang menandai akunmu dalam foto mereka. Jika kamu sudah bisa menerima segala risikonya, lakukan langkah berikut:
  1. Buka link ini melalui browser komputermu: Delete Instagram Account.
  1. Login pada akun Instagram yang akan dihapus permanen.
  2. Pilih satu dari 9 alasanmu menonaktifkan akun pada pilihan “Why are you deleting your account?” seperti mengkhawatirkan keamanan data hingga kecemasan terhadap privasi.
  3. Bacalah kembali konsekuensi yang akan terjadi setelah akunmu terhapus.
  4. Jika sudah menentukan alasan, ketik ulang password-mu dan klik “Permanently Delete My Account.”
  5. Kamu akan segera dikembalikan ke halaman login Instagram, selesai!

Menghapus Akun melalui Aplikasi

Selain menghapus akun melalui browser, kamu juga bisa melakukannya melalui aplikasi Instagram yang ada di perangkat pintarmu. Eits, bukan berarti kamu bisa segera menonaktifkan/menghapus akun melalui aplikasi ya, tapi Instagram menyediakan kemudahan bagimu untuk mengakses website penghapusan akun. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan:
  1. Ketika kamu dalam keadaan sudah login di akun Instagram yang akan dihapus, klik profilmu.
  2. Klik pilihan/option, tiga garis horizontal di kanan atas.
  3. Pilih Settings yang terdapat di barisan paling bawah.
  4. Pilih Help, lalu Help Center.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman instagram.com, lalu pilih “Mengelola Akun Anda”
  6. Di halaman selanjutnya, pilih “Hapus Akun Anda”
  7. Pilih pertanyaan yang ingin kamu ajukan, lalu ikuti langkah yang diberikan.

Simpulan

Bagaimana, melalui tutorial cara menghapus akun Instagram, sekarang kamu tau bahwa ada berbagai cara menghapus akun Instagram, baik melalui browser atau aplikasi. Namun, sebagai informasi tambahan, tidak apa jika kamu ingin menghapus profil dirimu dari media sosial Instagram, tapi jangan biarkan akun media sosial bisnismu juga tidak diaktifkan. Pasalnya, media sosial saat ini bisa menjadi sarana yang tepat bagimu untuk menjangkau target khalayakmu, terlebih lagi jika target pasarmu adalah para pengguna Instagram.
Selain media sosial, buatlah juga website untuk bisnismu. Namun, pastikan website untuk bisnismu itu cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan. Sudah siapkah kamu? Selamat berbisnis

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama